TRIBUNNEWS.COM, BLANGPIDIEbanjir luapan mengepung kawasan empat desa (gampong) di Kecamatan Babahrot, Aceh Barat Daya (Abdya) hingga Jumat (5/4/2013) malam, setelah diguyur hujan lebat sejak Jumat sore.

Camat Babahrot, Jailani dihubungi Serambi (Tribunnews.com Network) pukul 21.15 WIB Jumat malam, kawasan yang terendam banjir luapan itu adalah Desa Persiapan Alue Dawah, Desa Persiapan Lhok Gayo, Desa Persiapan Blang Raja, dan Desa Gunung Samarinda.

“Saya baru pulang meninjau lokasi banjir,” ungkap Camat Jailani.

Kecuali mengenangi badan jalan raya di sejumlah titik, banjir luapan itu masuk ke dalam rumah penduduk.

“Puluhan rumah warga terendam banjir dengan ketinggian antara 20 sampai 40 cm,” katanya.

Namun jumlah rumah warga yang terendam belum didata.

Penyebab banjir, menurut Camat Jailani, akibat tersumbat saluran seperti di Desa Persiapan Blang Raja, dan gorong-gorong yang sempit yang terjadi di Desa Persiapan Alue Dawah.

Drainase yang tidak berfungsi lagi merupakan penyebab lain sehingga debit air hujan tidak tertampung, lalu naik ke atas badan jalan dan merayap kemana-mana.

Sementara Thamrin, salah seorang pemuda Babahrot melaporkan bahwa banjir luapan itu naik ke atas badan jalan raya di sejumlah titik. Seperti lokasi Warung Citra Ayu Desa Rukun Damai, Desa Alue Persiapan Dawah dan Pancang Beusoe Desa Ie Mirah, serta badan jalan lokasi Desa Gunung Samarinda berubah jadi aliran sungai setelah air hujan turun dari pengunungan bekas areal lokasi rencana pembangunan PKS (pabrik kelapa sawit) yang sudah digali.

Sementara banjir luapan yang menganangi Desa Persiapan Alue Dawah, termasuk Genang Jaya (Desa Persiapan Rukun Damai), sebagian besar berasal dari areal penambangan bijih besi PT Lauser Karya Tambang (RKT) di Dusun Alue Beringen Desa Pantee Rakyat.

banjir luapan turun dari areal PT LKT, naik ke atas badan jalan raya lokasi Warung Citra Ayu, lalu merayap kawasan pemukiman warga,” ungkap Thamrin.

Peristiwa itu terjadi, katanya dikarenakan tidak dilakukan penggalian saluran drainase, sementara drainase kanan kiri jalan di kawasan itu tidak berfungsi lagi.

Hingga berita ini diturunkan pukul 22.15 WIB Jumat malam, hujan intensitas masih mengguyur kawasan Abdya sehingga sejumlah lokasi lain juga berpotensi dilanda banjir luapan.

 

sumber: http://www.tribunnews.com/2013/04/05/banjir-luapan-kepung-empat-desa-di-babahrot

Share →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mari Bergabung
Menjadi relawan sangat penting untuk keberhasilan program perlindungan sungai kita. Anda dapat bergabung dengan ribuan Sahabat Sungai dalam mendukung perlindungan Sungai.
Kontak Kami

Kontak Kami

Ruko Puspa RK-01 Puspa Agro Jemundo, Sidoarjo | +62 81 335 220 940 | admin [di] walhijatim.or.id
Kontributor
Anda bisa menjadi kontributor dalam portal ini. Untuk mendaftar bisa mengakses halaman Daftar Kontributor