suarasurabaya.net – Kota Surabaya masih belum bisa dikatakan sebagai kota yang bisa menghemat air karena dalam sehari tiap orang bisa menghabiskan 200 liter air dan kebutuhan air di Surabaya mencapi 9.000 liter perdetik.

Ashari Mardiono Direktur PDAM Surabaya pada Suara Surabaya mengatakan, WHO menggariskan kebutuhan dasar air tiap orang perharinya sekitar 65 liter, untuk kota kecil 80 liter, kota sedang 100 liter, kota besar 120 liter dan kota metropolitan 140 liter.

“Surabaya ditakdirkan sebagai kota pantai yang tidak punya sumber air bawah tanah tapi yang dimiliki kota Surabaya itu hilir Sungai Brantas jadi sumber air di Surabaya ya berasal dari Sungai itu,” kata dia.

Tapi beruntungnya, kata dia, Surabaya mempunyai sumber air yang cukup sehingga kebutuhan air bisa selalu terpenuhi.

Ashari menjelaskan, kebutuhan air di Kota Surabaya yang mencapai 9.000 liter perdetik ini masih bisa terpenuhi karena PDAM mempunyai kapasitas lebih dari itu yakni lebih dari 10.500 liter perdetik. Ketersediaan air cukup karena didukung kondisi sungai yang seperti di Surabaya.

“Tapi makin hari memang dirasa makin berat karena juga dibarengi dengan aktivitas masyarakat yang makin banyak dan tentunya memberikan kontribusi beban,” ujar dia.

Sampai saat ini, kata Ashari, PDAM Surabaya sudah mempunyai 490 ribu pelanggan yang cakupan layanannya 13% masih belum terlayani secara langsung. Sebanyak 13% ini kebanyakan di daerah yang belum padat penduduk atau pada wilayah yang masih menghadapi masalah pemukiman tanah yang posisinya masih abu-abu.

“Tapi PDAM bersama pemerintah kota secepatnya akan segera menjangkau 13% daerah itu sehingga ke depannya semua pelanggan bisa terlayani secara baik,” tandasnya. (dwi)

sumber: http://kelanakota.suarasurabaya.net/news/2013/116671-Orang-Surabaya-Boros-Air

Share →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mari Bergabung
Menjadi relawan sangat penting untuk keberhasilan program perlindungan sungai kita. Anda dapat bergabung dengan ribuan Sahabat Sungai dalam mendukung perlindungan Sungai.
Kontak Kami

Kontak Kami

Ruko Puspa RK-01 Puspa Agro Jemundo, Sidoarjo | +62 81 335 220 940 | admin [di] walhijatim.or.id
Kontributor
Anda bisa menjadi kontributor dalam portal ini. Untuk mendaftar bisa mengakses halaman Daftar Kontributor