Target produksi pangan Bulog (Badan Urusan Logistik) Kediri tahun ini mengalami penurunan sekitar enam ribu ton dibanding tahun lalu. Penurunan ini dikarenakan faktor musim buruk serta serangan hama di sejumlah daerah pemasok utama beras.

Kepala Seksi Analisis Pasar Bulog Kediri, Dwi Santoso, mengatakan target produksi beras tahun ini mencapai 90 ribu ton. Namun setelah melihat kondisi riil di lapangan target diturunkan sesuai hasil koordinasi dengan Bulog Jawa Timur.”Banyak faktor yang mempengaruhi antara lain kondisi musim yang kurang mendukung serta serangan hama. Akibatnya target produksi mengalami penurunan hingga 6 ribu ton,” jelasnya pada sejumlah wartawan, Selasa(2/4).Produksi pangan di wilayah kerja Bulog Kediri meliputi Kota dan Kabupaten Kediri serta Nganjuk. Tiga wilayah yang berada di daerah aliran Sungai Brantas itu, selama ini menjadi andalan Bulog Kediri sebagai penghasil beras.

Akan tetapi seiring pertumbuhan penduduk, lahan pertanian mulai mengalami penyusutan akibat dampak pembangunan. Hal ini menambah masalah Bulog Kediri untuk meningkatkan target produksi daerahnya.

“Meski ada kendala namun tahun ini produksi masih didominasi beras kualitas premium,” tuturnya.

Dwi mengungkapkan penyerapan beras hingga saat ini telah mencapai dua ribu ton dan akan bertambah besar saat musim panen raya. “Tahun Lalu Bulog Kediri menargetkan produksi beras sebanyak 80 ribu ton lebih. Sedangkan tahun ini target diturunkan menjadi 75 ribu ton,” jelasnya.

[bmo]
Reporter : Imam Mubarok
sumber: http://www.merdeka.com/uang/target-produksi-beras-bulog-kediri-turun-6-ton-tahun-ini.html
Share →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mari Bergabung
Menjadi relawan sangat penting untuk keberhasilan program perlindungan sungai kita. Anda dapat bergabung dengan ribuan Sahabat Sungai dalam mendukung perlindungan Sungai.
Kontak Kami

Kontak Kami

Ruko Puspa RK-01 Puspa Agro Jemundo, Sidoarjo | +62 81 335 220 940 | admin [di] walhijatim.or.id
Kontributor
Anda bisa menjadi kontributor dalam portal ini. Untuk mendaftar bisa mengakses halaman Daftar Kontributor