Sahabat Sungai Indonesia (SSI) merupakan komunitas pegiat penyelamatan sungai. Diinisiasi oleh Walhi Jawa Timur yang telah puluhan tahun bergelut dengan kampanye penyelamatan lingkungan. SSI menjadikan sungai sebagai pintu masuk mempelajari perubahan peradaban dari masa ke masa yang diakibatkan oleh bencana alam, campur tangan manusia, maupun perpaduan keduanya.

Berawal dari ketertarikan atas kejadian semburan Lumpur Lapindo yang menjadikan Sungai Porong(Hilir Brantas-Kedung Larangan) sebagai buangan lumpur dan juga peninggalan-peninggalan masa lampau sepanjang daerah aliran sungai. Kondisi ini memunculkan inisiatif untuk mencari tahu informasi-informasi dan kondisi masa lampau yang berkorelasi dengan masa kekinian.

SSI merupakan komunitas terbuka bagi siapapun yang tertarik dalam upaya penyelamatan sungai dan kawasan-kawasan yang berkorelasi dengan sungai. Keanggotaan SSI bersifat sukarela dan bisa berkontribusi tenaga, pemikiran, dana, dan bentuk-bentuk lain yang dibutuhkan dalam pengelolaan program SSI. 

SSI berkeyakinan, upaya penyelamatan lingkungan bisa dilakukan melalui banyak cara. Menjadi bagian Sahabat Sungai Indonesia salah satunya.

Share →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mari Bergabung
Menjadi relawan sangat penting untuk keberhasilan program perlindungan sungai kita. Anda dapat bergabung dengan ribuan Sahabat Sungai dalam mendukung perlindungan Sungai.
Kontak Kami

Kontak Kami

Ruko Puspa RK-01 Puspa Agro Jemundo, Sidoarjo | +62 81 335 220 940 | admin [di] walhijatim.or.id
Kontributor
Anda bisa menjadi kontributor dalam portal ini. Untuk mendaftar bisa mengakses halaman Daftar Kontributor